EkoBiz

EkoBiz

MediaMU.COM

Apr 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Lambang Saribuana, Pebisnis Kargo yang Sukses Berkat Layanan Kargo Gratis untuk Penyaluran Bantuan Kemanusiaan

Informasi Pengusaha

Lambang Saribuana

DKI Jakarta

Latar Belakang

Memulai bisnis dari nol, tanpa modal sama sekali. Tanpa memiliki sanak saudara di Jakarta, merantau bersama istri untuk membangun mimpi. Perjalanan dimulai dengan Lambang yang bekerja sebagai kurir freelance bermodalkan sepeda motor. Melayani pengantaran di wilayah Jabodetabek selama selama 7 tahun dengan pendapatan pas-pasan. Hidup segan, mati tak mau. Hasil kerja satu hari hanya cukup untuk hidup di hari yang sama. 

Momentum bagi Lambang datang saat terjadi bencana gempa bumi di Yogyakarta tahun 2006. Lambang dan istri memberanikan diri membuka posko “CARGO GRATIS” bagi individu, perusahaan dan instansi yang ingin berbagi mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Yogyakarta. Posko menyediakan truk, meskipun saat itu belum memiliki mobil sendiri, Lambang dah istri sudah membangun jaringan ke pemilik truk buah dan truk telur. Melalui posko ini, lebih dari 15 truk bantuan kemanusiaan berhasil dikirimkan. Posko Cargo Gratis pun berhasil menjadi agregator kebaikan. Menjadi jembatan bagi orang-orang baik, relawan kemanusiaan dan juga pemilik truk. 

Berangkat dari tagline “CARGO GRATIS” itulah, jaringan orang-orang baik memberi Lambang dan istri referensi bisnis. Relawan yang merasa terbantu pada momen itu pun menjadi endorser bagi bisnis Lambang ke perusahaan-perusahaan yang selanjutnya menjadi pelanggan tetap. Saat itulah, cahaya kesuksesan bisnis yang dicetuskan Lambang dan istri untuk membantu sesama, mulai terlihat. 

Hingga hari ini, meski Indonesia dilanda berbagai krisis saat pandemi COVID-19 selama dua tahun, bisnis Lambang dan istri bisa bertahan dan semakin kuat. Pasca pandemi, berkat bisnisnya yang berjalan dengan baik, Lambang dan istri mampu membangun 5 outlet JNT Cargo di Jakarta.

Sebagai kader Muhammadiyah, Lambang dan istri yang berhasil membangun bisnis kargo memutuskan untuk mendirikan Truck Mu, sebuah crowdfunding pengadaan truk oleh kader Muhammadiyah akar rumput. Berangkat dari semangat yang sama saat Lambang memulai bisnis, membantu orang lain dan menyebarkan kebaikan, Truck Mu dirintis sebagai aggregator cargo yang diharapkan mampu menyatukan bisnis di tingkat Cabang dan Ranting Muhammadiyah seluruh Indonesia. 

Lambang juga mengaku siap membuka kembali layanan “CARGO GRATIS” bagi siapapun yang ingin menyalurkan bantuan kemanusiaan ketika terjadi bencana alam di Indonesia. Is juga menyebutkan, “CARGO GRATIS” akan selalu hadir terdepan untuk membantu para relawan, NGO dan orang-orang baik lainnya mengirimkan bantuan kemanusiaan. Kolaborasi terbaru terkait ini, CSM Cargo lakukan salah satunya dengan LazisMu pusat saat terjadi bencana gempa bumi di palu dan mataram.

Tentang Kami

PT. Courierindo Sukses Makmur atau CSM Cargo adalah perusahaan jasa ekspedisi yang mengusung konsep pelopor kargo murah di Indonesia. Melayani pengiriman via darat dan Laut, Pengiriman Kendaraan, dan Pengiriman Alat Berat. Nama CSM Cargo selain singkatan dari Courierindo Sukses Makmur, memiliki makna Cargo Satu malam dan menyediakan live report bagi pengguna layanan. 

CSM Cargo ingin menjadi perusahaan jasa pengiriman terbaik di Pulau Jawa yang ingin memiliki peran membantu scale up usaha menengah – kecil, menjadi perusahaan besar. 

Sinergi

CSM Cargo ingin bersinergi dengan pelaku usaha transportasi di daerah, umumnya pelaku usaha armada truk atau kelas L300, yang kesulitan mencari “muatan balikan” dari Jakarta.

PT. Courierindo Sukses Makmur 

Alamat: Jl. Manggarai Utara VI No.9, Tebet, DKI Jakarta, Indonesia 12850

Sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here