EkoBiz

EkoBiz

MediaMU.COM

Apr 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Menghadapi Era Disrupsi, Jamaah Ekonomi yang Kuat Dibangun Melalui Kolaborasi

YOGYA - Kolaborasi menjadi aspek penting di tengah era disrupsi. Tidak ada individu atau entitas bisnis yang mampu maju sendirian dalam mengembangkan bisnis berkelanjutan. Jejaring, kerjasama, dan sinergi telah menjadi hal yang lazim dan diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja bisnis.

Pesan tersebut disampaikan oleh Ir. A. Syauqi Soeratno, yang mewakili Ketua MEBP PP Muhammadiyah, dalam acara Rakerwil MEBP dan LP UMKM PWM DIY yang diadakan di Gedung BSI Yogyakarta pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

“Sejak berdirinya, Muhammadiyah telah meniatkan setiap langkah dakwahnya dengan berbagi kemanfaatan bagi yang lain. Aspek Pendidikan dan Kesehatan telah menjadi bukti betapa kuatnya komitmen Muhammadiyah untuk berbagi kemanfaatan dengan sesamanya. Kolaborasi di era disrupsi inilah tantangan Muhammdiyah agar dapat selalu meneguhkan komitmen kebermanfaatannya bagi umat dan bangsa,” ujar Syauqi saat ditemui saat acara.

Syauqi melihat adanya potensi ekonomi yang besar di DIY, baik dalam skala UMKM maupun perusahaan besar. Menurutnya, ini adalah peluang bagus bagi MEBP dan LP UMKM PWM DIY untuk mencapai misi dakwah kebermanfaatan yang diwarisi dari para pendiri Muhammadiyah.

“Karenanya, kolaborasi internal di lingkup persyarikatan Muhammadiyah melalui Konsolidasi dan Koordinasi tiap pelaku ekonomi di Majelis, Lembaga, AUM, BUMM dan para Saudagar Muhammadiyah dan kolaborasi eksternal melalui Sinergi dengan pihak lain harus terus didorong untuk segera diwujudkan, sehingga terbangun jamaah ekonomi yang kuat dan bermanfaat secara berkelanjutan,” pungkas Syauqi menutup penjelasannya. 

Acara Rakerwil dimulai dengan kata sambutan dari Ketua PWM DIY, diikuti oleh pengurus MEBP dan LP UMKM di PWM DIY, PWA DIY, serta perwakilan dari masing-masing PDM di seluruh DIY. Acara berlangsung dari pagi hingga sore, dengan harapan menghasilkan program-program pemberdayaan dan kerjasama ekonomi selama lima tahun ke depan, serta melakukan evaluasi serta penyempurnaan program secara berkala.

Berita ini disadur mediamu.com dari syauqisoeratno.id dengan artikel berjudul Kolaborasi Adalah Kunci Membangun Jamaah Ekonomi

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here