EkoBiz

EkoBiz

MediaMU.COM

Apr 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Dorong Spirit Gotong Royong Muhammadiyah, LP UMKM PWM DIY dan G2RT Tandatangani MoU

YOGYA - Di sela-sela Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil), Lembaga Pengembang (LP) UMKM PWM DIY resmi menandatangani MoU dengan G2RT (Global Gotong Royong Tetrapreneur) pada pada Sabtu (6 Rabiul Akhir 1445 H bertepatan 21 Oktober 2023) di Ruang Pertemuan Kantor Bank Syariah Indonesia DI Yogyakarta. Penandatangan MoU dilakukan dari kedua belah pihak, dengan LP UMKM diwakili oleh Farid Ma'ruf, S.T., M.Eng. selaku Ketua dan dari G2RT oleh Abu Yazid, S.IP., M.M.

G2RT adalah model baru kewirausahaan masyarakat yang berbasiskan kearifan lokal, yakni gotong royong. Sehingga, inilah yang menginspirasi dibentuknya G2RT.

"Jadi, G2RT ini adalah usaha untuk membangun mindset masyarakat agar berubah dari berjualan ke berusaha dan dari individu ke kelompok," jelas Abu Yazid.

Proses dari G2RT melalui tahapan dari tetra 1 hingga 4. Tahapan ini yang harus dilalui sebuah usaha sehingga menjadi besar dan UMKM yang ada akan diberdayakan menjadi usaha bersama.

"Saya berharap nanti kerjasama ini bisa sampai tingkat cabang untuk pembinaannya. Peserta G2RT bisa membina di cabang dan harapannya UMKM bisa berjaya seperti yang diharapkan," harap Wakil Ketua PCM Moyudan itu.

Sementara itu, Farid Ma'ruf sebagai Ketua memaparkan beberapa program dari LP UMKM adalah fokus kepada pendampingan pelaku UMKM. "Selain pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), LP UMKM juga fokus pada promosi pemasaran dan ekspor, tak hanya di dalam, tetapi juga ke luar negeri," paparnya.

Selain itu, spirit gotong royong saat ini semakin viral dalam pengembangan ekonomi, bisnis, dan UMKM melalui G2RT. Sehingga, ini menginspirasi LP UMKM untuk nantinya membuat brand G2RT Muhammadiyah atau G2RTMu.

"Melalui G2RTMu, kami akan ada pelatihan UMKM dengan mentor sampai akurasi produk," tandas Farid. (*)

 

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here