EkoBiz

EkoBiz

MediaMU.COM

Apr 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Ahmad Syauqi: Sumber Daya Manusia Yang Kompeten Jadi Kunci Pengelolaan Ekonomi DIY

Gedung BDI Yogyakarta menjadi tempat diadakannya Pelatihan Vokasi Industri berbasis 3-in-1 yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Industri (BDI) bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian dan Komisi VII DPR RI pada tanggal 12 September 2023.

Kepala BDI Yogyakarta, Kunto Purwo Santoso, ST., M.M., dalam pembukaan acara ini, menggarisbawahi pentingnya terobosan dan peningkatan daya saing Indonesia di kawasan Asia Tenggara. Hal ini bisa dicapai dengan memperkuat industri dalam negeri, meningkatkan keterampilan sumber daya manusia, dan mengatasi masalah pengangguran. Kunto berharap bahwa pelatihan ini dapat mendorong upaya-upaya tersebut.

Dalam acara tersebut, Anggota Komisi VII DPR RI, Drs. H. Gandung Pardiman, mengingatkan peserta tentang pentingnya memiliki keterampilan yang dapat memungkinkan generasi muda untuk bersaing di daerahnya sendiri dan melawan tenaga kerja dari luar maupun tenaga kerja asing.

Ir. Ahmad Syauqi Soeratno, M.M., yang mewakili KADIN DIY, menekankan betapa pentingnya persiapan sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi persaingan global di era disrupsi ini. Dia menjelaskan bahwa Indonesia saat ini menghadapi tantangan besar dalam hal lapangan pekerjaan, terutama karena pesatnya kemajuan teknologi. Pelatihan semacam ini dianggap sangat penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang dibutuhkan di dunia kerja.

“Pelatihan semacam ini penting untuk menyiapkan SDM yang kompeten dan terlatih yang siap kerja, khususnya dengan menguasai soft skills di dunia kerja,” jelasnya.

Ahmad Syauqi, yang juga dicalonkan sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah dari DIY itu menambahkan, "Dengan memiliki SDM yang kreatif dan unggul, diharapkan potensi ekonomi di DIY dapat dikelola oleh tenaga kerja lokal."

Berita ini disadur mediamu.com dari syauqisoeratno.id dengan artikel berjudul Meningkatkan Daya Saing Dengan SDM Kompeten

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here