EkoBiz

EkoBiz

MediaMU.COM

May 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

JSM dan Mediamu Berperan dalam Pameran Kaligrafi Islam

YOGYA – Pameran senirupa bertaraf nasional digelar di Yogyakarta International Airport (YIA) selama satu bulan, 15 Agustus 2021 hingga 15 September 2021. Beberapa pihak yang terlibat adalah PT Angkasa Pura 1 Yogyakarta, Dini Art Production, Battiki Jannati: Batik Filosofi Islam, Islamic Art Exhibition, KopiKuden, Gigas, dan Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) DIY. Pada acara ini mediamu.com terlibat sebagai media partner.

Acara bertajuk Pameran Kaligrafi Islam dalam Rangka Tahun Baru Islam 1443 H dan 76 Tahun RI tersebut 50 pelukis kaligrafi se Indonesia dengan sekitar 150 karya. Mereka di antaranya adalah Syaiful Adnan, Munichy B. Edrees, Syahrizal Kotto, Iqrar Dinata, Agus Baqul, dan Hendra Buana. Karya almarhum Amri Yahya juga akan dipajang dalam acara yang akan dimulai besok Ahad (15/8) ini.

“Tema acara adalah Berdoa Untuk Negeri: Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh, dengan topik Berdoa untuk Keselamatan Bangsa,” jelas Taufik Ridwan owner Dini Art Production yang juga Koordinator Acara kepada mediamu.com, Kamis (12/8).

Menurut Taufik, melalui pameran kaligrafi Islam ini para seniman memohon ridhlo Allah SWT agar pandemi berakhir. “Juga untuk memberikan kesejukan secara spiritual di arena bandara. setidaknya untuk berdakwah kepada masyarakat pengguna transportasi udara,” kata Ketua JSM DIY ini.

Mengutip data bandara, Taufik menyebutkan bahwa bandara baru di Yogyakarta tersebut setiap hari rata-rata didatangi 7.000 orang atau dalam satu bulan mencapai 210.000 orang. Jumlah itu adalah angka potensial yang siap melirik karya yang dipamerkan.

“Misalnya 10 persen saja yang kemudian berhenti dan menonton, diperoleh angka 21.000. untuk sebuah pameran jumlah tersebut sangat fantastis,” tegas Taufik.

Karena itulah partner yang diajak bergabung sudah dalam hitungan mampu menyukseskan acara ini. Satu di antara sekian banyak partner adalah mediamu.com, portal berita milik Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY yang dikenal dengan berita nasionalnya.

Bagi Pemimpin Redaksi mediamu.com, Heru Prasetya, kesempatan menyukseskan acara fenomenal Pameran Kaligrafi Islam ini adalah kesempatan bagus untuk berdakwah melalui senirupa di area publik. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa Muhammadiyah tidak akan pernah alergi dengan seni budaya dalam hal berdakwah.

“Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, orang memerlukan hiburan dan kesejukan rohani. Dengan menyaksikan karya kaligrafi Islam, diharapkan memunculkan ketenangan di dalam hati, sehingga bisa meningkatkan iman dan imunitas tubuh,” katanya.

Berikut nama seniman yang memeriahkan acara ini:

  1. M. Arif Syukur
  2. Anwar Sanusi
  3. Miftahul Khoir
  4. Mustaqim
  5. Nugroho (patung)
  6. Syaiful Adnan
  7. H. Suharno Elfaiz, M.Pd
  8. Rifatul Anwiyah
  9. Khalil Zuhdy L.
  10. Syahrizal Koto
  11. Midhan Anis
  12. Camil Hady
  13. Is Hendri Zaidun
  14. Iqrar Dinata
  15. Munawir Hadi
  16. Agus Baqul
  17. Abdul J. Hawary
  18. Aruman
  19. Riyanto Dmk
  20. Eko Haryanto
  21. Ki Lutfi Caritagama
  22. Nurdin Yusup
  23. Purwanto Zain
  24. Kusna Sanjaya
  25. Masbukhin
  26. Abdul Kholik
  27. Ahmad Dzawil
  28. Guntur Wibowo
  29. La Ode Umar
  30. Syis Paindow
  31. Rispul
  32. Ahmad Zain muttaqien
  33. H.Ashady
  34. Pramono Pinunggul (patung)
  35. Munichy B.Edrees
  36. Hendra Buana
  37. Liliek Raharja Parjana
  38. Abu Rembrandt
  39. Baggio
  40. Amri Yahya (almarhum)
  41. Robert Nasrullah. (*)

Unggahan berita ini sebagai bentuk partisipasi mediamu.com dalam acara ini.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here